Kamis, 12 April 2012

JAS MERAH BU!!

JAS MERAH (jangan sekali-kali melupakan sejarah) BU! (gw tambahin dikit BU = budaya )

Slogan yang dikumandangkan oleh proklamator kita bung Karno ini memang mempunyai arti yang mendalam bahkan sangat mendalam. Bagaimana bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai proses-proses sejarah itu terjadi.

baru saja beberapa saat yang lalu saya teringat akan suatu situs dari belanda yang memuat foto-foto dari zaman dahulu kala.. fokus saya disini adalah foto-foto yang berasal dari daerah kabupaten kerinci.

klik! saya masuk ke http://collectie.tropenmuseum.nl , kemudian saya masukkan kata kunci "kerintji"..
jreett... keluarlah foto dari masa lampau yang sangat memukau bagi saya. ketika melihat foto tersebut, saya merasa tenggelam dan hanyut melalui lorong waktu dan dalam sekejap saya berada pada masa ketika foto itu di ambil. suatu keseruan sendiri ketika saya melihat foto dan kemudian melihat keterangan yang ada pada foto tersebut, dan saya bertanya dimanakah lokasi yang ditampilkan pada foto tersebut, bagaimana keadaannya sekarang. sangat seru sekali apalagi foto tersebut adalah tempat yang sangat kita kenal. kita membandingkan bagaimana keadaan pada masa itu, bagaimana perkembangannya selama ini.

hari ini satu lagi mimpi saya bertambah yaitu saya ingin mempelajari budaya kerinci dan mengunjungi museum di Belanda yang mebpunyai koleksi benda bersejarah dan foto tentunya yang berkaitan dengan kerinci.

 pameran pusaka huruf incung si alun-alun sungai penuh
(kira-kira begitu transletan dari bahasa belanda nya)




seorang bapak tua sedang menjemur kopi

situs aslinya di sini nih!! Klik Aja!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar